Rabu, 10 April 2013

Ciri-Ciri Gajah

                                                  

Gajah merupakan binatang mamalia yang berkembang biak secara melahirkan. Gajah Afrika hidup di padang rumput, hutan, daerah alur sungai dan juga rimba tertentu, sedangkan gajah Asia tinggal di hutan lebat, hutan tropis dan di daerah yang berhubungan lebat.
Gajah Afrika lebih besar jika dibandingkan degan gajah Asia. Panjang gajah Afrika termasuk gadingnya mencapai 8 meter dengan tinggi 4 meter, beratnya seekitar 6.000kg. Perbedaan yang aling menonjol yaitu dari telinganya. Telinga dari gajah Afrika lebih besar dari gajah Asia. Jenis gajah Afrika memiliki dahi yang melingkar dan penggung yang datar, gajah Asia dahinya lebih menonjol dan punggungnya tajam.
Panjang telinga gajah mencapai 1,5 meter dengan lebar 50 cm. Telinganya yang besar digunakan untuk mengipas dirinya sendiri jika kepanasan dan untuk menakuti musuhnya. Belalainya yang panjang digunakan untuk mengambil makanan, menyedot air kemudian memasukkan ke dalam mulutnya. Selain itu, belalainya berfungsi untuk mengangakat sesuatu. Suaranya juga dihasilkan dari belalainya. Suara ini dipancarkan dalam gelombang suara yang disebut infrasonic yang digunakan untuk memanggil kelompok ataupun gajah betina sampai beberapa kilometer jauhnya. Suara yang dikeluarkan gajah biasanya untuk menyatukan kembali anggota kelompok yang terpisah.

1 komentar: